3. Tips Mengisi Waktu Pasca Ujian

Kondisi kelas hari ini sepi. Mulai banyak teman-teman yang sudah malas datang ke sekolah. Setelah ujian kelulusan selesai, kelakuan siswa kelas 3 SMA di sekolah sudah seperti bos kecil. Banyak gaya, dan berasa yang punya sekolahan. Btw, I’m part of them. Hahaha. Urusan badan kecil tidak jadi penghalang. Kelas 2 minggir, kelas 1 jangan coba-coba main ke lantai atas.

Dua bulan lagi waktu yang tersisa saat memakai baju putih abu ini. Rasanya aneh geli-geli lucu gimana gitu. Btw, masa SMA saya tidak menjadi masa yang mungkin kebanyakan orang bilang masa yang paling indah. Mungkin kebanyakan orang bohong, yang bilang atau ngaku-ngaku masa SMA-nya merupakan masa luar biasa dan sulit dilupakan. SMA saya datar, ya begitu saja rasanya. Seperti martabak tiga telur, bukan martabak istimewa dengan tambahan telur dan daging. Dan perasaan saya, saya ga sendiri. Saya menjadi saksi atas kedataran hidup teman-teman SMA lainnya. Ga ada urusan bolos membolos, juga pacaran.

Hidup saya penuh dengan pergi pagi, belajar dan bermain di sekolah, lalu pulang jam 4 sore. Berulang, tapi entah mengapa tak pernah terasa bosan. Mungkin karena masa ini adalah masa ngecengin teman.

Walaupun ga pacaran, tapi suka sama temen sekelas yang udah punya pacar ga dilarang kan? Inilah yang bikin saya semangat tiap jam 6 pagi udah berangkat dari rumah. Tiga tahun sekolah, empat orang yang saya kecengin. Tahun pertama, namanya Budi. Anak kelas 1-10. Saya kelas 1-1. Pacar Budi di kelas yang sama dengan saya. Tahun kedua, namanya Yudha, satu kelas. Belum punya pacar, tapi saya tau kalau dia suka sama Rosita, teman sekelas saya yang lain. Wong Yudha curhat ke saya, yang duduk tepat di depannya. Rosita duduk di kursi paling depan. Maklum, perempuan teladan ini adalah siswa berprestasi yang biasa ikut olimpiade SMA. Tahun ketiga, namanya Ridwan. Nama alim, kelakuan badboy. Ridwan adalah kecengan semua perempuan di SMAN 87 Jakarta. Saya hanya bagian remah-remah yang ga jelas. Dan Surya menyusup di bagian akhir, duduk sebangku dengan Ridwan.

Hari ini saya masuk ke sekolah, dan pulang sebelum jam 12, karena seluruh guru kelas 3 sedang sibuk mengurus hasil ujian. Kerjaan di sekolah hanya obrol-obrol ga jelas, bahas rencana kuliah, dan nonton teman-teman main bola. Sayang tidak ada pihak yang bertanggung jawab sama urusan hura-hura atau creating a happy memory gitu saat kita udah dalam masa menunggu pengumuman kelulusan. Sekolah kenapa cuma genjot siswanya buat lulus doang ya, selesai ujian trus hilang deh perhatiannya.

Tips Mengisi Waktu Pasca Ujian

  • Kelompok anak rajin bakalan memilih mengisi waktunya dengan mereview soal-soal ujian. Dan, hello, saya bagian dari kelompok ini, for your information.
  • Kalian yang malas, coba ikuti langkah kami yang rajin-rajin ini. Langkah ini berguna banget bagi kamu-kamu yang akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.
  • Review soal juga efektif buat kamu yang malas ikut les pemantapan. Karena itu, sempatkanlah untuk tetap belajar tepat setelah ujian usai.
  • Kalau udah review, kamu mesti hang-out. Makan di KFC atau nonton bioskop rasanya masih mampu kan. Sebaiknya habiskan waktu dengan teman-teman SMA semaksimal mungkin, karena saat kuliah, dunianya sudah berbeda.
Tinggalkan Balasan

